Thursday, July 18, 2019

Buku Tulisku Buku Karyaku




Menurut “Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMP” yang dikeluarkan Kemdikbud tahun 2016 tahap literasi ada 3 yakni pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Tahap pembiasaan dan pengembangan sudah mulai diterapkan di sekolah sedangkan literasi dalam pembelajaran masih jarang dilakukan khususnya pembelajaran IPA. Sehingga perlu dilakuakn suatu upaya untuk menginisiasi literasi dalam pembelajaran IPA melalui Proyek “Aku Penulis Buku Tulis IPA-ku”.
          Literasi memiliki makna bukan hanya sekedar membaca saja, tapi juga menulis dan memahami. Oleh karena itu, budaya siswa membaca-memahami-menulis perlu diterapkan dengan menjadikan buku tulis siswa sebagai laporan hasil membaca dan memahami teks dari buku pelajaran, media sosial, video, dan media lainnya yang sudah diberi petunjuk oleh guru.
          Buku tulis kalian didesain sedemikian rupa tentunya dengan kreativitas siswa, namun tetap mengacu pada susunan buku teks pada umumnya yang berisi judul, kata pengantar, daftar isi, isi, daftar pustaka, dan biografi penulis. Guru hanya memberi petunjuk umum namun untuk implementasinya diserahkan pada kreativitas siswa. Semua ditulis tangan oleh siswa di buku tulisnya.

0 comments:

Post a Comment