Tuesday, May 28, 2019

Jelajah Angkasa Yuk!!!

Salam science!!!
Bagaimana ya mekanisme terjadinya siang dan malam? Apa yang terjadi di bumi saat terjadi siang dan malam? Apakah kalian pernah mengamati langit pada saat malam hari? Benda-benda apa saja yang kalian lihat di langit?. Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas pada kesempatan ini kita akan mempelajari sistem tata surya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem tata surya akan berpengaruh terhadap sistem kehidupan di bumi termasuk terjadinya siang dan malam. Maha besar Allah yang telah menciptakan alam dengan begitu kompleksnya. Sesuai dengan firman-Nya
            “Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan dialah yang menetapkan orbit-orbitnya agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui” (Q.S. Yunus/10: 5)

Luar biasa bukan, ternyata dalam Alquran telah dijelaskan mengenai susunan tata surya dalam orbit-orbitnya yang kemudian para ilmuwan dan astronout membuktikannya ke luar angkasa. Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai sistem tata surya, yuk kita jalan-jalan dulu ke Wahana Jelajah Angkasa di link berikut ini http://wwt.belajar.kemdikbud.go.id. Kalian dapat melihat luar angkasa melalui World Wide Telescope. Silahkan berjelajah!

0 comments:

Post a Comment