Thursday, May 2, 2019

Halloo Blog Meanigfull Science is Coming !!!

Hallooo, salam science!!!
Perkenalkan Blog Meaningfull Science ini digunakan khusus untuk kegiatan pembelajaran di bawah kendali saya, Rizqa Damas Sa’diyah. Background pendidikan formal saya dari S1 Pendidikan Biologi, namun tidak menutup kemungkinan blog ini akan berisi ilmu pengetahuan yang beragam. Semenjak duduk di bangku kuliah saya mendefinisikan diri saya sebagai Life Long Learner yakni pembelajar sepanjang hayat agar dapat mengikuti perkembangan gobal yang semakin dinamis. Saya menyadari  bahwa menjadi guru zaman “now” itu tidak mudah, semakin berkembangnya teknologi peran guru juga semakin bergeser. Menghadapi abad 21, revolusi industri 4.0, internet of things, artificial intelligence, generasi millenial, generasi  Z, dsb. Iya, peran guru akan semakin bergeser tapi bukan berarti menghilang dan punah.  Peran guru dalam mengajar mungkin bisa digantikan dengan media-media pembelajaran kekinian seperti portal Rumah Belajar, Ruang Guru, atau aplikasi-aplikasi penunjang lainnya, namun tidak dengan perannya dalam mendidik. Mendidik emosi, karakter dan moral peserta didik adalah tanggung jawab moral seorang pendidik untuk mempersiapkan generasi emas yang santun, berakhlakul karimah, dan berbudi pekerti luhur.
Pengalaman saya di dunia pendidikan masih seumur jagung, namun saya akan menjelaskannya secara singkat Curriculum Vitae (CV) saya untuk membuka forum diskusi dengan berbagai pihak, siswa, guru, praktisi pendidikan, atau yang lainnya. Pada tahun 2016 saya mendapat predikat Penulis Future Article Terbaik dari Komunitas Guru Menulis Indonesia (GMI), menjadi kontributor 50 Essay Terbaik Nasional Tema Pendidikan dari BEM FIP UNESA, dan menjadi finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional. Pada tahun 2017 saya Internship (PPL) di Singapore International School, Bona Vista  selama ±2 bulan. Pada tahun 2018 bersamaan dengan penulisan skripsi, saya menulis Buku Bilingual “Biology of The Invertebrates Integrated with Imtak for Senior High School grade 10th” yang sudah terdaftar hak ciptanya di Kemenkumham, yang membawa saya menjadi pemakalah dalam Seminar Nasional Biologi. Pada tahun 2019 bersama dengan 50 guru se-Jatim saya terpilih menjadi bagian dari Wardah Inspiring Teacher 2019. That’s all, semoga bisa mewakili keseluruahan CV saya. Semoga dengan adanya blog ini dapat berkarya lebih produktif lagi. Feel  free to discuss about anything, if you have any questions please kindly comment below!!!

0 comments:

Post a Comment